JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Teknologi Produksi Benih Sebar Manggis

Pendahuluan

Tanaman manggis memiliki metode reproduksi secara apokismis (Verheij, 1991). Manggis merupakan apokismis obligat dengan reproduksi melalui sel adventif proembrio jaringan ovular. Menurut Koltunow (1993), biji fertile yang dihasilkan dari reproduksi apomiktik mengandung embrio dengan konstitusi genetik yang sama dengan tetua betina, apabila tidak mengalami mutasi. Dengan demikian, walaupun diperbanyak melalui biji tanaman manggis secara praktis merupakan keturunan klonal. Diversitas klonal dapat terjadi karena mutasi DNA (substitusi, penyusunan kembali dan autosegregasi) (Richards, 2003). Oleh sebab itu, terdapat keragaman genetik pada manggis dan dijumpai adanya ekotipe lokal dengan morfologi yang berbeda. Klon lokal dengan variasi morfologi dan genetik yang dijumpai dapat diseleksi dan dievaluasi untuk dikembangkan lebih lanjut.

Karena tanaman manggis bersifat apokismis, maka perbanyakan dari biji dapat dianggap sebagai perbanyakan secara klonal dari pohon induk atau varietas yang bersangkutan. Produksi benih manggis dalam jumlah besar dalam waktu singkat memiliki beberapa kendala antara lain tergantung kepada musim berbuah, terbatasnya jumlah pohon induk, dan lambatnya pertumbuhan benih. Ketersediaan biji untuk perbanyakan tergantung kepada musim berbuah. Biasanya tanaman manggis berbuah satu kali dalam setahun.

Teknik Produksi Benih Manggis

Perbanyakan tanaman manggis adalah melalui biji dan sambungan. Keduanya dikategorikan sebagai perbanyakan klonal. Karena tanaman manggis bersifat apokismis, maka perbanyakan dari biji juga dapat dianggap sebagai perbanyakan secara klonal dari pohon induk atau varietas yang bersangkutan. Perbanyakan benih klonal atau vegetatif dimulai dari pohon induk tunggal (PIT). PIT adalah satu pohon tanaman yang varietasnya telah terdaftar dan berfungsi sebagai sumber penghasil bahan perbanyakan lebih lanjut dari varietas tersebut.

Perbanyakan benih buah manggis ini dengan melalui biji dan sambungan.