JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Penerapan Teknologi Jajar Legowo Super di Lokasi Bioindustri Sungai Kakap

BPTP Kalbar telah berhasil menerapkan teknologi jajar legowo super di Dusun Gelamak, Desa Pangkalan Kongsi, Kecamatan Tebas pada Tahun 2016 dengan provitas sebesar 7,5 ton per hektar (lahan pasang surut) dan Lokasi Demfarm HPS di Desa Tunggal Bhakti Kecamatan Kembayan Kabuapten Sanggau dengan provitas sebesar 8,5 ton per hektar (lahan tadah hujan). Setelah keberhasilan itu, maka Teknologi Jarwo Super coba diadopsi di lokasi pendampingan Bioindustri Berbasis Integrasi Padi-Sapi di Dusun Cenderawasih Desa Parit Keladi Kabupaten Kubu Raya.

Penanaman bibit padi demplot tanaman padi teknologi jajar legowo super pada sawah seluas 5 hektar dilaksanakan pada bulan Desember 2017 yang sebelumnya benih yang telah disemaikan bulan November 2017. Penyemaian benih padi dengan sistem dapok  karena bibit ditanam menggunakan alat tanam Mesin Indojarwo Transplanter. Cara pembuatan dapog  semaian padi yaitu menggunakan reng kayu sebagai mal dan plastik cor atau plastik mulsa sebagai alasnya. Untuk satu hektar areal pertanaman padi diperlukan 216-250 dapok berukuran 18 x 58 cm (sesuai ukuran tray mesin Indojarwo transplanter) dengan kebutuhan benih padi sebanyak 25-30 kg/ha.

Pada MH 2017 dilaksanakan demplot pertanaman padi seluas 5 hektar dengan menerapkan beberapa komponen teknologi Jajar Legowo Super seperti pada tabel di bawah sebagai berikut:

No

Komponen Teknologi

Uraian

1.

Varietas Unggul

Inpari 39 (Kelas benih FS)

2.

Biodekomposer

Dekomposer Beka, diberikan secara bersamaan dengan pemberian pupuk organik (pukan sapi) pada saat pengolahan tanah

3.

Pembibitan

Sistem dapok ukuran 18 cm x 58 cm

4.

Cara Tanam

Manual (tenaga manusia) dengan system Legowo 2:1 dengan jarak tanam 25 cm  x 12,5 cm x 40 cm

5.

Pemupukan

·      Menggunakan Pupuk hayati (Agrimeth) sebagai perlakuan benih (seed treatment)

·      Menggunakan PUTS (Urea 100 kg/ha, NPK (15;15:15) 200 kg/ha.

6.

Pengendalian OPT

Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) menggunakan pestisida nabati dan pestisida anorganik berdasarkan ambang kendali

7.

Panen

Menggunakan Mesin Minicombine Harvester

 

Informasi lebih lengkap dapat dilihat dilink di bawah: