JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Belimbing Darah

Belimbing darah memiliki nama ilmiah Baccaurea angulata (Euphorbiaceae). Belimbing ini endemik pulau Borneo. Masyarakat menggenalnya sebagai belimbing merah, belimbing bukit, gerumin bereh (Bidayuh), tampoi merah, uchong (Iban), belimbing hutan, pidau (Indonesia); embaling (Sabah) dan embaling bobou (Brunei). Belimbing darah berkerabat dekat dengan belimbing manis (Averrhoa carambola-Oxalidaceae). 

Tumbuhan ini hidup pada hutan primer atau sekunder yang tidak jauh dari tepi sungai di pulau Borneo. Pohon tumbuh di bawah naungan pada tanah berpasir atau laterit pada ketinggian 800 m dpl. 

Pohon belimbing darah memiliki tinggi mencapai 21 m, daun berbentuk elips atau lonjong. Bunga berwarna kuning, buah berwarna kemerahan dan berasa manis keasaman. Musim bunga pada bulan Mei sampai November. Musim buah terjadi pada bulan November sampai Januari. Buah muncul dari batang dan cabang.

Buah belimbing darah mengandung protein, karbohidrat, serat, mineral dan vitamin C. Di Kalimantan Barat, belimbing darah banyak ditemukan di daerah kab. Sanggau, kab. Sekadau, kab. Sintang dan kab. Kapuas Hulu.