JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

SDG Buah Lokal

Durian Jarum Mas merupakan durian local yang berasal dari Dusun Anggrek (Sungai Pinang Kecil), Desa Kalimas, Kecamatan Sungai Kakap  Kabupaten Kubu Raya. Durian ini milik M. Ali,  tumbuh baik pada agroekosistem lahan pasang surut, dengan ketinggian tempat 13 mdpl. Jenis tanah di lokasi tumbuh merupakan tanah aluvial, pH = 5,0. Durian Jarum Mas  berumur ± 100 tahun. durian ini memiliki banyak karakter unggul diantaranya: memiliki warna daging  buah orange, tekstur daging lunak, citra rasa manis sedang, biji kempes 50%, dengan daya simpan sekitar 7 hari.

Write comment (7 Comments)

Durian Serumbut merupakan salah satu sumberdaya genetic (SDG) durian local Kalimantan Barat yang memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan.  Serumbut  berasal dari daerah perbatasan antara Kabupaten Sanggau dan negara tetangga Malaysia, tepatnya berasal dari  Dusun Ponti Kayan, Desa Nekan Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Tanaman  ini dimiliki oleh Kanius Ne’en dan  diperkirakan  berumur ± 34 tahun yang merupakan pemenang kontes durian pada tahun 2013.

Write comment (4 Comments)

Peluntan (Artocarpus SP) termasuk dalam Famili Moraceae.  Peluntan ditemukan hampir diseluruh kabupaten di Kalimantan Barat. Tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan dan ada juga di pekarangan penduduk di pedalaman. Pohon peluntan tinggi (> 20 m), dengan tajuk yang lebar.

Write comment (0 Comments)

Puak (Baccaurea sp), merupakan tanaman yang tumbuh liar di hutan-hutan dan sedikit ditemukan di pekarangan. Tanaman ini tersebar hampir di semua kabupaten di Kalimantan Barat. Tanaman ini relatif dikenal masyarakat, namun sekarang keberadaannya sudah agak sulit ditemukan.

Write comment (0 Comments)

Pekawai/ Empakan ( Durio kuteijeinsis), tersebar di Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang dan Kabupaten kapuas Hulu Kalimantan Barat. Pekawai/Empakan memiliki  karakteristik daun yang lebih lebar dari durian, bunga berwarna merah tua.

Write comment (0 Comments)