JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 19/Permentan/OT.020/5/2017, BPTP Kalimantan Barat merupakan fungsi unit kerja Eselon IIIa yang secara struktural adalah salah satu unit kerja di lingkup Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP). Dalam pelaksanaan kegiatan, secara struktural Kepala Balai dibantu oleh Subbagian Tata Usaha dan Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian. Secara fungsional dibantu oleh Kelompok Jabatan Fungsional.

Secara struktural, dalam melaksanakan tugasnya, Kepala balai dibantu oleh:

  1. Subbagian Tata Usaha yang mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, keuangan, perlengkapan, surat menyurat, dan rumah tangga, dan
  2. Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian yang mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan penyusunan program, rencana kerja, anggaran, pemantauan, evaluasi, pelaporan dan penyebarluasan dan pendayagunaan hasil, serta pelayanan sarana teknis pengkajian, perakitan dan pengembangan  teknologi  pertanian tepat guna spesifik lokasi.

Secara fungsional, dalam menjalankan tugasnya, Kepala Balai dibantu oleh Kelompok Jabatan Fungsional terdiri atas Jabatan Fungsional Peneliti, Penyuluh Pertanian dan sejumlah jabatan fungsional lainnya yang terbagi dalam berbagai kelompok jabatan fungsional berdasarkan bidang masing-masing, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang  berlaku.

Kelompok Pengkaji di BPTP Kalimantan Barat ada empat kelji yang masing-masing dipimpin oleh seorang ketua yaitu (1) Kelji sumberdaya, (2) Kelji Budidaya, (3) kelji Sosial Ekonomi, 4) kelji Pasca Panen dan Mekanisasi. Tugas penelitian dan pengkajian dari masing-masing kelji berbeda-beda, namun saling mendukung dan bekerjasama.