JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Prosedur Memperoleh Benih Padi Bantuan Gratis UPBS BPTP Kalbar

Varietas/bibit unggul merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan panen, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil panen yang berkualitas dan berkuantitas diperlukan bibit unggul yang baik pula. Tetapi sayangnya ketersediaan benih tersebut terbatas sehingga petani kesulitan mencari benih berkualitas. 

Salah satu tugas pokok dan fungsi dari UPBS Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat yaitu penyediaan dan perbanyakan benih padi unggul guna membantu memenuhi ketersedian benih unggul bermutu secara berkelanjutan. Berdasarkan hal tersebut, UPBS BPTP Kalbar akan memberikan benih padi berkualitas unggul yang dihasilkan penangkar UPBS kepada kelompok tani secara cuma-cuma atau gratis.

Prosedur yang dibutuhkan sangat sederhana yaitu dengan membuat surat permintaan benih padi yang ditujukan kepada Kepala Balai Teknologi Pertanian Kalimantan Barat. Surat tersebut berisi:

  • Nama kelompok tani penerima
  • Lokasi kelompok tani

Surat permintaan tersebut bisa dikirimkan oleh kelompok tani langsung atau melalui Dinas Pertanian setempat dengan menuliskan persyaratan seperti tersebut di atas.

 

Contoh surat permintaan benih (klik untuk memperbesar):