JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pelatihan Pengoperasian Mesin Tanam Padi (Rice Transplanter) Bagi Siswa Magang

Minggu, 11 Februari 2018 bertempat di Dusun Parit Madiun Desa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap, siswa-siswi dari SMK Pertanian Rasau Jaya dan SMK Pertanian Paloh berlatih mengoperasikan mesin tanam padi. Mereka adalah peserta praktek kerja lapang di BPTP Kalimantan Barat yang dipusatkan di Kebun Percobaan Sungai Kakap. Hari itu mereka berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan mengoperasikan mesin tanam bermotor Indojarwo Transplanter.

Pelatihan itu dilakukan dibawah bimbingan Penyuluh BPTP Kalbar serta operator mesin tanam dari UPJA Madiun Mandiri Bapak Fahim. Pelatihan diawali dengan materi teknik membuat dapok persemaian padi dan cara menyiapkan lahan sawah untuk operasional mesin tanam. Acara dilanjutkan dengan pengenalan bagian–bagian mesin antara lain; mesin penggerak, tuas untuk belok kanan/kiri, gigi maju/mundur, tuas penanam, dan garpu penanam. Selanjutnya siswa diajarkan cara menghidupkan mesin, menjalankan mesin maju/mundur, belok kanan/kiri, dan menanam padi. Semua siswa berkesempatan untuk menjalankan mesin baik siswa laki-laki maupum perempuan.

Mesin ini tergolong ringan dikendalikan saat operasi di sawah sehingga siswa perempuan mampu mengoperasikan mesin ini dengan baik. Semoga pelatihan yang diberikan akan bermafaat bagi siswa SMK yang merupakan ujung tombak negara menuju pertanian modern. (By: DSA).