JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Bantuan Benih UPBS BPTP Kalbar untuk Kabupaten Kubu Raya

Penyediaan benih unggul memegang peranan yang menonjol, baik dalam kontribusinya terhadap peningkatan hasil persatuan luas maupun sebagai salah satu komponen utama dalam pengendalian hama dan penyakit. Selain itu, varietas unggul dinilai mudah diadopsi petani dengan tambahan biaya yang relatif murah dan memberikan keuntungan langsung kepada petani.

Berdasarkan kondisi diatas  maka kegiatan UPBS pada BPTP Kalimantan Barat diarahkan untuk: (1) Memproduksi dan mendistribusikan benih padi guna memenuhi permintaan pasar utama yaitu konsumen dari pemerintah kabupaten / kota dan petani sebagai pengguna, (2) Mempromosikan benih produksi UPBS BPTP Kalimantan Barat ke Kabupaten/kota lain melalui kegiatan yang dilakukan BPTP Kalimantan Barat, dan (3) meningkatkan kemampuan petani penangkar melalui penguatan kapasitas penangkaran dan kapasitas UPBS.

Berdasarkan poin nomor 1 di atas, maka UPBS BPTP Kalbar berusaha untuk mendistribusikan varietas nggul hasil produksinya ke seluruh wilayah Kalimantan barat, baik dengan cara aktif kegiatan internal melalui demplot-demplot kegiatan ataupun yang bersifat kerjasama dengan stake holder terkait. Salah satunya yaitu dengan Kabupaten Kubu Raya (KKR) yang melalui Dinas Pertanian Kabupaten Kubu Raya melalui surat nomor: 520/99/Distan.C1 tertanggal 15 januari 2018 mengajukan permohonan bantuan benih padi. Bantuan benih ini diperuntukkan di daerah Kabupaten Kubu Raya khususnya Desa Sungai Itik Kecamatan Sui Kakap yang lahan sawahnya tergenang air akibat hujan yang tinggi, sedangkan semaian ataupun tanaman mudanya sudah terlanjur ditanam seluas 40 Ha.

Menanggapi surat permohonan benih tersebut dan hasil diskusi dengan Kepala Balai selaku manajer puncak UPBS maka tim UPBS menyiapkan benih inpari 30 ES sebanyak 1 ton. Diharapkan dengan bantuan benih ini dapat meringankan beban petani akibat pertanamanya tergenang air tersebut.

 

 UPBS 2 UPBS-3 upbs-4