JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Ramadhan, BPTP Kalimantan Barat Adakan Pengajian Rutin setiap hari Jumat

Selama bulan ramadhan BPTP Kalimantan Barat mengadakan pengajian rutin setiap hari jumat. Adapun kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai BPTP Kalimantan Barat, dengan tujuan supaya dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan agama bagi para pegawai. Selain itu, tujuan diadakannya kegiatan ini juga untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, serta mempererat tali silaturahmi antar pegawai yang mana selama ini mungkin merasa dekat tetapi jarang jumpa karena kesibukan masing-masing.

Adapun dalam pengajian kali ini tausiyah disampaikan oleh ustadz Mikail dengan tema Keutamaan Bulan Suci Ramadhan. Dalam tausiyahnya ustadz Mikail menyampaikan bahwa ada 4 keutamaan bulan suci Ramadhan, antara lain :

1. Pada bulan Ramadhan pahala amalnya tidak akan berkurang

Dari Abu Bakrah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Ada dua bulan yang pahala amalnya tidak akan berkurang. Keduanya dua bulan hari raya: bulan Ramadlan dan bulan Dzulhijjah.” (HR. Bukhari 1912 dan Muslim 1089).

2. Pada bulan Ramadhan pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta syaithan-syaithan diikat.

Allah Swt telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan memperbanyak amal ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan. Syaithan pun tidak diberi kesempatan untuk mengoda dan menyesatkan manusia. Rasulullah saw bersabda, “Apabila masuk bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan syaithan-syaithan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Maka pada bulan ini kita digalakkan untuk memperbanyak ibadah sunnah dan amal shalih, agar kita dapat masuk surga.

3. Pada bulan Ramadhan diampuni dosa-dosa yang telah lalu

Allah Swt menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda: ”Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke  Ramadhan  menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah Swt menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw: ”Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitu pula dengan melakukan shalat malam (tarawih, witir dan tahajuj) pada bulan Ramadhan dapat menghapus dosa yang telah lalu, sebagaimana sabda Nabi saw: ”Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan qiyam Ramadhan  (shalat malam) dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

4. Pada bulan Ramadhan Amal Sholeh berlipat ganda

Sebagai umat Islam yang seantiasa menjalankan amalan sholeh dan kewajiban seorang muslim, pada bulan ramadhan amal sholeh akan mendapatkan balasan berlipat ganda, sampai 70 kali lipat sebagaimana terdapat dalam Hadist:

Khutbah Rasululah saw pada akhir bulan Sa`ban “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah menaung. Bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang padanya Allah mewajibkan berpuasa. Qiyamullail disunnahkan. Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu,nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadhan (HR. Bukhori-Muslim).

Di samping melaksanakan puasa Ramadhan pada siang harinya, dan mendirikan shalat lail (tarawih) pada malam harinya sepanjang bulan Ramadhan, adapun amalan-amalan yang perlu dilakukan selama bulan Ramadhan antara lain :

-    Giat Bertilawah Al-Quran.

Hal ini mengingat pada bulan Ramadhanlah Al-Quran diturunkan, sesuai firman-Nya : Artinya : "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). " (Q.S. Al-Baqarah / 2 : 185).

-    Memperbanyak Doa.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda : “Ada tiga macam orang yang doanya tidak ditolak, dan orang yang shaum hingga berbuka, imam yang adil, dan orang yang didzalimi.” (H.R. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

-     Menyegerakan Berbuka

”Masih tetap berjaya agama (Islam) selagi umatnya menyegerakan berbuka, karena sesungguhnya orang-orang Yahudi dan Nasrani selalu mengakhirkannya”. (H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

-     Mengakhiri Sahur

“Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu melaksanakan shalat. Anas berkata, Aku bertanya kepada Zaid: “Berapa jarak antara adzan dan sahur ?”. Dia menjawab : ‘seperti lama membaca 50 ayat’” (HR. Bukhari dan Muslim)