JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Workshop Pengembangan dan Pengolahan Pupuk Organik di IP2TP Sungai Kakap

BPTP Balitbangtan Kalimantan Barat bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Dompet Duafa pada Tanggal 11 September 2019 menyelenggarakan Workshop Pengembangan dan Pengolahan Pupuk Organik bertempat di IP2TP Sungai Kakap. Acara ini diikuti oleh petani cabai se-Kecamatan Sungai Kakap, penyuluh BPTP Kalbar, serta penyuluh dari BPP Sungai Kakap. Acara diawali oleh sambutan dari perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat dan Ir. Jiyanto yang mewakili BPTP Kalbar.

Pada acara inti yaitu penyampaian materi pemanfaatan mikroorganisme sebagai pengendali opt dan pupuk hayati untuk meningkatkan produksi tanaman pangan dan hortikultura oleh Didik Saifuddin Anshori, STP.  Materi yang disampaikan yaitu penggunaan mikrooranisme perakaran yaitu Bacillus sp. dan Mikoriza dalam rangka mengendalikan OPT dan pupuk hayati terutama untuk tanaman cabai.  Seperti diketahui, petani cabai saat ini banyak mengeluhkan tingginya serangan penyakit pada tanaman cabai terutama penyakit tular tanah yang sulit dikendalikan. Mikoriza yang bersimbiosis dengan akar tanaman berfungsi mengendalikan penyakit tular tanah seperti layu fusarium dan meningkatkan penyerapan unsur hara dengan adanya hifa eksternal. Sedangkan Bacillus sp. yang bekerja masuk ke jaringan tumbuhan berperan sebagai penambat unsur Phospat sekaligus membantu mengendalikan OPT.

Acara tersebut juga diisi dengan demontrasi cara perbanyakan Bacillus sp. menggunakan bioreaktor perbanyakan mikroorganisme yang dilakukan di depan kantor IP2TP Sungai Kakap. Diharapkan melalui kegiatan ini akan menambah pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani dan penyuluh didalam memanfaatkan mikrooranisme dalam budidaya cabai.


 

Comments powered by CComment