JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Lab. Tanah BPTP Kalbar Sudah Terakreditasi KAN

Tuntutan terhadap mutu suatu produk di era perdagangan global seperti sekarang ini terbukti semakin nyata. Tuntutan tersebut tidak hanya didasarkan dari bentuk fisik dan model suatu barang, tetapi juga berdasarkan dokumen resmi yang harus disertakan. Dokumen tersebut harus menerangkan bahwa produk telah memenuhi persyaratan mutu yang ditetapkan. Sedangkan sertifikat hasil uji mutu produk itu sendiri juga harus dikeluarkan oleh laboratorium penguji yang diakui yaitu laboratorium penguji yang terakreditasi. 

Di sinilah keberadaan laboratorium penguji terakreditasi menjadi semakin penting peranannya, karena laboratorium tersebutlah yang memiliki core competency untuk memberikan pengakuan atas mutu suatu produk berdasarkan uji yang dilakukannya. Sebagai lembaga penelitian dan pengkajian, peranan laboratorium sangat penting. Untuk itu, Bptp Balitbangtan Kalimantan Barat mengajukan akreditasi lab tanah BPTP Kalbar ke Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Alhamdulillah, setelah perjuangan panjang dalam proses pengakreditasian ini, per tanggal 29 Agustus 2018 Laboratorium tanah BPTP Kalbar sudah terakreditasi oleh KAN sebagai Laboratorium Penguji dengan SNI ISO/IEC 17025:2008. Dengan akreditasi ini, merupakan langkah awal untuk menjadikan Lab Tanah Unggul di Kalbar.

Fungsi akreditasi merupakan:

  1. Perlindungan masyarakat
  2. Pengendalian mutu
  3. Pengembangan mutu

Tujuan akreditasi untuk memberikan asesmen (assessment) secara obyektif, transparan, dan berkelanjutan terhadap kelayakan suatu program berdasarkan atas kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.

Manfaat Laboratorium di lingkungan BPTP yang di Akreditasi atau Sertifikasi adalah sebagai berikut :

  1. Laboratorium mendapatkan pengakuan tentang kompetensi laboratorium Laboratorium mendapatkan keuntungan dalam hal pemasaran
  2. Laboratorium dapat berperan serta dalam perbandingan kemampuan laboratorium pada lingkup yang terakreditasi.
  3. Laboratorium mendapatkan pengakuan secara internasional
  4. Laboratorium dapat mendukung Misi BPPT di bidang Pelayanan Teknologi dan peningkatan Daya Saing Nasional
  5.  Laboratorium dapat mengimplementasikan Sistem Mutu

Klik untuk diperbesar