JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Dukungan Kebun Bibit Induk (KBI) Balitbangtan Kalimantan Barat dalam mendukung program KRPL di Kota Pontianak

Kebun bibit merupakan salah satu pengelolaan sumber bibit dalam pengembangan KRPL, sebagai upaya menuju terciptanya rumah pangan lestari (RPL). Dalam upaya mendukung keberlanjutan program KRPL, tahun 2018 dukungan Balitbangtan dilakukan melalui penguatan dan pengelolaan Kebun Bibit Inti (KBI).

KBI berfungsi sebagai:

  1. Produksi dan distribusi bibit/benih untuk pemenuhan kebutuhan bibit desa dan pemangku kepentingan lainnya dalam rangka diseminasi teknologi Balitbangtan,
  2. pelestarian plasma nutfah,
  3. Keberagaman untuk memenuhi kebutuhan benih/bibit KRPL,
  4. Estetika yang memberikan pemandangan yang indah dan teratur dan e). Lingkungan yang nyaman, ramah, kreatif dan sehat.

Dalam rangka kegiatan pendampingan KRPL di Kota PontianakBptp Balitbangtan Kalimantan Barat dan Dinas Pertanian,Perikanan Dan Kehutanan Kota Pontianak telah dilakukan distribusi benih/bibit semai sayuran pada Kebun Bibit Desa KRPL di 5 Kelompok Wanita Tani (KWT) yaitu KWT Berjaya di Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur, KWT Selayar di Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, KWT Mekar Sari di Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, KWT Nirmala di Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota dan KWT Green House Bougenville di Kelurahan Sungai Jawi Dalam Kecamatan Pontianak Barat. Adapun jenis benih/bibit yang didistribusikan yaitu benih Timun Mercy, Terung Hijo, Sawi hijau, dan cabe cakra putih serta bibit cabe besar varietas Ciko, tomat varietas Intan dan cabe rawit sebanyak 2000 polybag.