JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Panen dan Temu Lapang Demfarm Padi Kegiatan Pengembangan Model Lumbung Pangan Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat

Kawasan Perbatasan Kabupaten Sambas berpotensi sebagai Lumbung Pangan. Hal ini dibuktikan dengan Panen dan Temu Lapang Demfarm Padi seluas 11 ha. Demfarm Padi yang dilaksanakan oleh BPTP Kalbar di desa Matang Danau pada Kelompok Angin Surga pada tanggal 30 Agustus 2018. Panen dan temu lapang ini dihadiri oleh Dinas Pertanian  dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas diwakili oleh Bapak Hasbi (Kasi Produksi), Camat Paloh diwakili oleh Gustian, Kepala BPTP Kalbar

diwakili oleh Ir.Rusli Burhansyah, MSi, Ketua Gapokatan Dirasakan Desa Matang Danau, Direktur BUMDes Sedoiman Desa Matang Danau, Ketua Kelompok dan Anggota Kelompok Tani Angin Syurga sekitar 30 orang.

Inovasi teknologi dengan penerapan Teknologi Budidaya Padi PTT Sawah Tadah Hujan. Komponen teknologi penggunaan varietas inpari 16, 22, 30 dan 41. Pengolahan minimum. Jarak tanam jajar legowo 4:1 (40x20x12,5 cm), umur pindah 14 hari, pemupukan dengan petroganik sebanyak 1.000 kg/ha, pupuk biotara 25 kg/ha, NPK 200 kg/ha, KCl 50 kg/ha, Panen menggunakan sabit gerigi. Hasil panen padi bervariasi dari 3,6- 4,8 ton/ha. Hasil ini cukup baik apabila dibandingkan dengan menggunakan benih lokal yang rata-rata berproduksi sekitar 1,2-3 ton/ha. Terdapat peningkatan produktivitas sekitar 30-70%.

Kegiatan Pengembangan Model Lumbung Pangan Wilayah Perbatasan Kabupaten Sambas di desa Matang Danau berlanjut sampai tahun 2019. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai model atau contoh untuk pengembangan lumbung pangan di desa-desa kawasan perbatasan Kecamatan Paloh pada khususnya (RB)