JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Launching Tanam TURIMAN Jagole Super di Wilayah Perbatasan Kabupaten Sanggau

Pada akhir bulan mei 2018 telah dilaksanaan launching tanam Tumpangsari Jagung – Padi Gogo – Kedelai “TURIMAN JAGOLE SUPER’ yang dihadiri oleh Sekretaris Badan Pengembangan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementan, BPTP Kalimantan Barat, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kab. Sanggau, Kepala BP3K Sekayam, Kepala Desa Kenaman, Para PPL di Kec. Sekayam dan Entikong, serta anggota kelompok tani.

Arahan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan bahwa salah satu upaya untuk meningkatkan produksi tanaman pangan di Kab. Sanggau ini dapat diterapkan pada lahan kering. Tumpangsari padi gogo-jagung-kedelai merupakan teknologi baru yang harus kita coba, dan perlu disosialisasikan pada petani agar mau mengubah pola tanam dan sebenarnya untuk tanaman padi gogo dan jagung sudah terbukti pada tahun lalu 2017 pernah dilakukan penanaman jagung dilokasi ini dan produksinya cukup tinggi yaitu rata-rata 5 ton/ha. Demikian juga padi gogo pernah diuji coba oleh BPTP di Desa Nekan, Kec. Entikong pada musim tanam gadu dan berhasil, sehingga dengan program PATB yang ada saat ini jika dilakukan dengan teknologi yang tepat yakin bias berhasil. Sekretaris BPPSDMP menyampaikan bahwa areal seperti ini perlu digarap, agar dapat termanfaatan dengan baik, apalagi Kabupaten Sanggau merupakan salah satu wilayah perbatasan di Kalimantan Barat yang punya potensi untuk ekspor terutama untuk komoditas padi dan jagung.

Kabupaten Sanggau merupakan daerah yang mempunyai luas wilayah yang cukup luas di Kalimantan Barat, sehingga potensi pengembangan pertanian cukup terbuka lebar, dan dukungan pemerintah disektor pertanian cukup tinggi terbukti anggaran untuk pertanian cukup tinggi. Oleh sebab itu peran aktif penyuluh diharapkan agar teknologi dapat sampai pada petani, dan dapat diterapkan sehingga dampaknya terjadi peningkatan produksi. Kegiatan TURIMAN GOJALE SUPER merupakan teknologi baru yang akan diuji coba oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian dengan paket teknologi tidak mengurangi jumlah populasi tanaman pada masing-masing komoditas berdasarkan tanaman secara monokultur.