JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
iden

Bimbingan Teknologi Pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kabupaten Bengkayang

Pemanfaatan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan rumah tangga merupakan salah satu alternatif untuk mewujudkan kemandirian pangan rumah tangga. Pada tahun 2018 kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari di Kalimantan Barat dilaksanakan pada 60 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang tersebar di 14 Kota/Kabupaten di Kalimantan Barat.

 Tim Pendampingan KRPL BPTP Kalimantan Barat bekerjasama dengan Bidang ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian Kabupaten bengkayang yang diselenggarakan pada Hari Rabu (6/5/2018) di KWT “Ngate maju” Desa Lulang, Kecamatan Teriak, Kabupaten Bengkayang. Acara ini dihadiri oleh pengurus dan anggota KWT “Ngate Maju”, Kasi Pemdes, Koordinator penyuluh Kecamatan Teriak, PPL Pendamping, Kepala UPT Kecamatan Teriak, Kepala Sekolah Dasar Negeri desa Lulang, Kasi Bidang Ketahanan Pangan. Pembekalan materi yang diberikan dalam kegiatan ini meliputi budidaya tanaman pada pekarangan tipe lahan sempit, sedang dan luas dengan menerapkan konsep KRPL serta teknologi pembuatan media semai dan pengelolaan Kebun Bibit Desa (KBD). Pada Kesempatan ini juga BPTP Kalimantan Barat menyerahkan benih sayuran VUB Balitbangtan yaitu buncis varietas rambat varietas horti 2, Cabai Besar varietas Lingga, Cabai Besar varietas Tanjung, Cabai Besar varietas Ciko, dan Bayam Varietas Giti Hijau. Untuk bayam varietas Giti Hijau langsung dilakukan tanam perdana bersama seluruh pengurus dan anggota KWT “Ngate Maju” berserta PPL Pendamping, BPTP Kalbar dan Perwakilan Kasi Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan Bimbingan Teknologi kemudian dilanjutkan dilakukan di KWT “Maju Bersama” Desa Suka Maju Kecamatan Sungai Betung. Acara pertemuan dihadiri anggota dan pengurus KWT “ Maju Bersama, Ka. UPT Kec. Sungai Betung, PPL Pendamping KRPL dan penyuluh pertanian Kec. Sei. Betung, Kabupaten Bengkayang. Pendampingan yang dilakukan meliputi teknologi penyemaian dan pengelolaan KBD, Teknologi penanaman pada bedengan dengan menerapkan rotasi tanaman menyesuaikan dengan kondisi iklim terutama ketersediaan air. Pada Kesempatan ini BPTP Kalbar menyerahkan benih sayuran VUB Balitbangtan yaitu buncis varietas rambat varietas horti 2, Cabai Besar varietas Lingga, Cabai Besar varietas Kencana, Cabai Besar varietas Ciko, dan Bayam Varietas Giti Hijau.