Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Banner Kanan Alsin
Banner Kanan Pupuk
Baner kanan katam
Banner Kanan Agritek
Baner Kanan Bank

Kalender Kegiatan

padi.jpg
PELAKSANAAN SCALING UP KRPL KABUPATEN LANDAK PDF Cetak E-mail
Selasa, 21 Oktober 2014 08:42

Manfaat kegiatan Pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) oleh BPTP Kalimantan Barat sudah dirasakan oleh sebagian besar petani kooperator terutama ibu-ibu KWT dimana kegiatan ini secara langsung dapat menghemat pengeluaran rumah tangga keluarga. Program pemanfaatan pekarangan dengan bertanam sayuran dapat mengurangi anggaran pengeluaran rumah tangga sekaligus dapat menambah income keluarga karena hasil panen sayuran dapat dimanfaatkan untuk konsumsi ataupun dapat diperjualbelikan.

(Selengkapnya)
 
Pemaparan Kinerja Kegiatan BPTP Kalbar di Kab. Mempawah PDF Cetak E-mail
Jumat, 17 Oktober 2014 08:45

Pada hari Kamis tanggal 16 Oktober 2014 bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia bertempat di Kantor Bupati Kab. Mempawah dilaksanakan acara Evaluasi Program Ketahanan Pangan Tahun 2014 dan Rencana peningkatan Program Ketahanan Pangan yang dilaksanakan oleh Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) Kab. Mempawah. Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Mempawah, Kepala Badan BKPPP Mempawah, Anggota DPRD Mempawah, Kepala BPTP Kalimantan Barat, Seluruh Kepala Kecamatan, Kepala BPP serta penyuluh se Kab. Mempawah.

(Selengkapnya)
 
PAMERAN BPTP KALBAR DALAM RANGKA LAUNCHING KABUPATEN MEMPAWAH PDF Cetak E-mail
Jumat, 17 Oktober 2014 08:35

Jumat, 10 Oktober 2014 bertempat di halaman kantor Bupati Mempawah telah dilakukan pembukaan acara kegiatan Launching Kabupaten Mempawah.  Acara dihadiri oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mempawah  beserta istri, jajaran Muspida, forum SKPD serta para tamu undangan dari dinas dan instansi terkait. Hadir pula dari Kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat, Ir. Rusli Burhansyah, M.Si (Kasi KSPP) yang mewakili Kepala BPTP Kalimantan Barat, didampingi Ir. Sigit Sapto Wibowo, M. Sc dan Ir. Sari Nurita selaku Penyuluh BPTP Kalimantan Barat. Acara Launching ini berlangsung selama 3 (tiga) hari, dimulai pada Tanggal 10 - 12 Oktober 2014. Pada hari pertama, kegiatan dimulai dengan pameran yang diikuti oleh BPTP Kalimantan Barat dan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Peternakan Perkebunan (BKP3) Kab. Mempawah, Rumah Sakit Dr. Rubini Mempawah, Dinas Kesehatan Kab. Mempawah, Kantor Perpajakan Kab. Mempawah dan banyak lagi dinas instansi terkait lainnya yang berada di wilayah pemerintahan daerah Kab. Mempawah.

(Selengkapnya)
 
“SANG NAGA” ITU TELAH BERBUAH MANIS PDF Cetak E-mail
Jumat, 10 Oktober 2014 01:46

Temu Lapang dalam rangka Pendampingan Pengembangan Kawasan Agribisnis Hortikultura (PKAH) tahun 2014 di Desa Peniti Besar, Kabupaten Mempawah, mengungkap sisi berat perjuangan membangun kawasan hortikultura yang berorientasi bisnis ini.  Bermula dari bantuan sosial-ekonomi dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional kepada Pemerintah Kabupaten Pontianak, sekarang Kabupaten Mempawah, dalam rangka membangun model pemanfaatan lahan gambut terdegradasi untuk pengembangan kawasan hortikultura dengan fokus meminimalkan kebakaran lahan.  Hasilnya pengembangan kawasan hortikultura seluas 20 hektar dengan komoditas utama buah naga.  Pengembangan oleh Kelompoktani Mekar ini  didahului dengan kunjungan Bupati Mempawah dan diikuti pelatihan bagi 10 anggota poktan ke sentra buah naga di Yogyakarta.  Bupati Mempawah, Drs. H. Ria Norsan, MM. MH., mendukung dengan membangun jalan masuk dari beton tetapi masih kurang 2 km ke lokasi kebun.  Setelah mulai berproduksi buah naga banyak terserang penyakit jamur Fusarium sp.  BPTP Kalimantan Barat mencoba memecahkan masalah serangan penyakit jamur ini dengan mengintroduksikan penggunaan agensia hayati jamur Trichoderma harzianum dan  Mikoriza sp. serta kombinasi perlakuan pupuk dari kotoran sapi dan kotoran ayam.  Dari hasil pengamatan ini diketahui kombinasi perlakuan Trichoderma harzianum dan  Mikoriza sp memberikan hasil terbaik.  Sedangkan penggunaan pupuk yang utama adalah pupuk organik dari bahan kotoran sapi dan kambing.  Para petani mengamati penggunaan pupuk kotoran kambing juga memberikan hasil terbaik.

(Selengkapnya)
 
BUPATI SAMBAS : DORONG SINERGI BPTP KALBAR-PERHITPTANI PDF Cetak E-mail
Senin, 06 Oktober 2014 08:01

Tidak percuma penyuluh senior BPTP Kalimantan Barat, Ir. Sigit Sapto Wibowo, MSc.,  yang juga Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhiptani Provinsi Kalimantan Barat menyisipkan kegiatan Lokakarya Penyuluhan Pertanian pada acara Tanam Perdana SL-PTT Padi tahun 2014 di Desa Seranggam, Selakau Timur, Kabupaten Sambas.  Ketika membuka acara ini Bupati Sambas memberikan tantangan agar penyuluh pertanian mampu meningkatkan produktivitas padi secara signifikan melalui kegiatan SL-PTT Padi.   

(Selengkapnya)
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com