Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Banner Kanan Agritek
Baner Kanan Bank
Banner Kanan Alsin
Banner Kanan Pupuk
Baner kanan katam

Kalender Kegiatan

bwdcheck-small.jpg
Penyelesaian Permasalahan Dalam Bidang Pertanian Melalui Kerjasama Penelitian
Oleh Fahrudin   
Kamis, 28 Januari 2010 16:54

Kerjasama penelitian dalam rangka menyelesaikan berbagai permasalahan dalam bidang pertanian, peternakan, sosial budaya, lingkungan hidup, serta penerapan dan pengembangan inovasi teknologi pertanian yang difokuskan pada komoditas unggulan di Kalimantan Barat. Penandatangan nota kesepahaman kerjasama penelitian dan pengembangan antara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dengan Gubernur Kalimantan Barat ini disaksikan Menteri Pertanian Ir. Suswono merupakan kesepakatan bersama untuk mempercepat alih teknologi pertanian dalam rangka mendukung Program Strategis Kementerian Pertanian dan Program Prioritas Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan Senin, 25 Januari 2010 di Hotel Kapuas Palace Pontianak.  Kegiatan ini secara maraton ditindaklanjuti dengan penandatanganan Nota kesepahaman antara Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dengan para Bupati / Walikota di Kalimantan Barat.

Kerjasama penelitian dan pengembangan Pemerintah Kota Pontianak meliputi Pengembangan Agribisnis Aloe Vera (lidah buaya) dan Orchids (anggrek). Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Raya meliputi program peningkatan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam khususnya bidang pertanian, peternakan, sosial budaya, lingkungan hidup, perencanaan, penelitian, penerapan dan pengembangan teknologi pertanian dengan fokus komoditas unggulan. Penandatanganan dilaksanakan Selasa 26 Januari 2010 di Alsintan Center Sungai Kakap yang juga disaksikan oleh Menteri Pertanian.

Sedangkan kerjasama penelitian dan pengembangan Pemerintah Kabupaten Pontianak meliputi Pendampingan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman dan Sumberdaya Terpadu (SL-PTT)  Padi, dan Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) Padi menuju IP Padi 400.  Pemerintah Kabupaten Landak meliputi Survey dan Penelitian Perwilayahan Komoditas Pertanian Skala 1:25.000 Desa Bentiang dan Tengon, Kecamatan Air Besar, Uji adaptasi berbagai jenis sayuran dataran tinggi di Desa Bentiang dan Tengon, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Pendampingan Sekolah Lapang PTT Padi,  dan Peningkatan Indeks Pertanaman (IP) Padi menuju IP Padi 400. Penandatanganan dilaksanakan Selasa 26 Januari 2010 (siang) di Sungai Kunyit yang juga disaksikan oleh Menteri Pertanian.

Kota Singkawang meliputi Pengembangan Agro Industrial Pedesaan Kawasan Pajintan yang berbasis padi (Replikasi Prima Tani) dan Pengembangan Peranggrekan dan Tanaman Hias di Kota Singkawang, Kabupaten Sambas meliputi Penyusunan Rancang Bangun Pembangunan Agribisnis Buah Kawasan Perbatasan Sajingan, Kabupaten Sambas, Penanggulangan Serangan Penyakit CPVD di Sentra Produksi Jeruk Kabupaten Sambas, Pendampingan Pengelolaan Produksi Jus Jeruk Citrus Van Sambas di Gapoktan Sumber Anugerah Kabupaten Sambas, dan Pendampingan Kawasan Hortikultura dan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman dan sumberdaya Terpadu (SL-PTT) Padi di Kabupaten Sambas.

Sedangkan pihak swasta PT. Sinka Sinye Agrotama meliputi Ppengembangan Agribisnis Padi, Jagung, Sayuran Organik, Jeruk dan Langsat Organik. Kabupaten Sanggau meliputi Penyelamatan Plasma Nutfah, Eksplorasi, Domestikasi dan Komersialisasi Buah Tropika, dan Pendampingan Pengembangan Durian dan Lengkeng di Kabupaten Sanggau.

 
Joomla Templates by JoomlaVision.com