Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Banner Kanan Agritek
Baner Kanan Bank
Banner Kanan Alsin
Banner Kanan Pupuk
Baner kanan katam

Kalender Kegiatan

puts.jpg

Mitra Kerja

Info Teknologi Spesifik Lokasi

Variabilitas Durian Unggul Lokal Kalimantan Barat

article thumbnail

Kalimantan Barat dikarunia plasma nutfah tanaman durian yang sangat kaya dan beragam. Tanaman durian  umumnya tumbuh di hutan maupun di kebun/ladang milik petani.  Di Kalimantan Barat,  durian meru [ ... ]


UJI APLIKASI PUPUK NPK PHONSKA PADA PADI SAWAH DI DESA ANDENG KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK

article thumbnail

Pemupukan merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menambah ketersediaan hara agar dapat mencukupi kebutuhan tanaman. Penerapan  rekomendasi pemupukan hingga saat ini pada umumnya disamakan di [ ... ]


Artikel Lainnya

SDM Profesional

Peneliti Pertama
Jhon David Haloho, STP menyelesaikan S1 Teknologi Hasil Pertanian Universitas Sumatra Utara pada tahun 2004 Mulai Bergabung di BPTP Kalimantan Barat pada tahun 1997.
Pelatihan Pembuatan POC dan Menanam Bawang Merah di Pendampingan KRPL Sekadau
Info Aktual
Kamis, 18 Desember 2014 03:57

Pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) diperlukan untuk melengkapi ketrampilan para anggota Kelompok Wanita Tani (WKT) kooperator, sebagai upaya mengembangkan budidaya tanaman sayuran di pekarangan. POC dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman sayuran.

Faktor penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan POC ini adalah bahan-bahan yang digunakan harus mudah diperoleh dari lingkungan sekitar masyarakat. Diharapkan dengan teknik pembuatan yang sederhana serta bahan berlimpah di lingkungan mereka, anggota KWT bisa menghasilkan produksi sayuran yang baik tanpa harus bergantung pada pupuk-pupuk yang beredar di pasaran. Hal ini tentu akan mengurangi biaya yang harus mereka keluarkan sekaligus mendorong semangat petani untuk mengembangkan KRPL mereka.

POC yang dibuat adalah POC yang mengandung unsur N, P dan K lengkap. Bahan-bahan yang diperlukan adalah : Daun salam 1 kg, Daun babadotan 1 kg, Batang pisang 1 kg, Sabut kelapa 1 kg, Bintil akar kacang tanah 1 kg, Air kelapa 1 lt, EM4 100 cc, Gula merah 1 ons, dan Air 20 lt. Alat yang diperlukan adalah Drum/Ember 20 lt. Hampir seluruh bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah diperoleh di lingkungan Desa pendampingan KRPL, kecuali EM4 dan gula merah yang harus dibeli. Adapun cara pembuatan POC adalah sebagai berikut :

  1. Mula-mula Ember diisi air hingga separuhnya. Kemudian air kelapa, EM dan gula merah dimasukkan kedalam ember dan diaduk hingga homogen.
  2. Cacah sabut kelapa dan batang pisang. Tumbuk daun salam, babadotan, dan bintil akar kacang tanah hingga halus.
  3. Masukkan semua bahan kedalam ember dan tambahkan air hingga penuh. Lalu tutup ember dengan rapat.
  4. Setelah 2-3 minggu air akan berubah menjadi coklat kehitaman.
  5. Air disaring dan siap digunakan.

Selain pembuatan POC anggota KWT juga diperkenalkan dengan bibit bawang merah serta cara menanamnya. Harga bawang merah di pasar setempat mencapai 4.000/ons, jika budidaya bawang merah ini berhasil tentu akan sangat membantu mengurangi pengeluaran rumah tangga anggota KWT.

Cara menanam bawang merah sangat mudah, mula-mula bibit bawang merah dipotong di bagian ujung kira-kira 1/3 bagian. Selanjutnya bibit ditanam sampai seluruh bagian bibit tertutup tanah. Untuk mencegah pertumbuhan gulma di sekitar tanaman, permukaan tanah ditutup dengan mulsa dari alang-alang. Hal ini sekaligus dapat berfungsi menjaga kelembaban tanah yang diperlukan untuk pertumbuhan bawang merah. (au)

 
Temu Lapang dan Panen Jagung Kegiatan Display/Uji Adaptasi VUB Jagung Di Kabupaten Ketapang
Info Aktual
Senin, 08 Desember 2014 04:02

Dalam rangka Pendampingan Program PTT Jagung di Kabupaten Ketapang, BPTP Kalimantan Barat melaksanakan display/uji adaptasi VUB jagung. Salah satu kegiatan display/uji adaptasi VUB jagung tersebut dilaksanakan di Kelompok Tani Cipta Karya Desa Sungai Awan Kiri,  Kecamatan Muara Pawan. Varietas jagung yang ditanam terdiri dari 4 varietas yaitu Sukmaraga, Lamuru, Bima-9, dan Bima-19.

Untuk mendiseminasikan teknologi yang diterapkan dalam kegiatan display/uji adaptasi VUB jagung tersebut, maka dilaksanakan temu lapang bersamaan dengan panen jagung tersebut. Temu lapang ini dilaksanakan pada tanggal 28 November 2014 di lokasi display jagung tersebut. Acara temu lapang ini dihadiri oleh para petani dan kelompok tani yang berasal dari Kecamatan Muara Pawan. Selain itu, beberapa instansi juga hadir seperti dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang yang diwakili oleh Sekretaris Dinas dan Kepala Bidang Ketahanan Pangan dan Penyuluhan, Camat Muara Pawan yang diwakili oleh Sekretaris Camat, BPP Muara Pawan, dan Kepala Desa Sungai Awan Kiri.

(Selengkapnya)
 
KEGIATAN DEMFARM PADI DALAM RANGKA PENDAMPINGAN PROGRAM PTT DI KABUPATEN SAMBAS
Rekomendasi Teknologi
Jumat, 05 Desember 2014 07:00

PENDAHULUAN

Komoditi tanaman pangan khususnya padi merupakan tanaman pokok utama yang dikonsumsi sebagian besar masyarakat di Indonesia juga di Kalimantan Barat. Kebutuhan padi / beras meningkatk setiap tahunnya seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan sehingga dari sisi ketahanan pangan Nasional fungsinya menjadi amat penting dan strategis.

Sasaran produksi padi di Kalimantan Barat tahun 2014 sebesar 1.720.452 ton dengan luas tanam 512.827 Ha dan produktivitas 34,75 ku/ha dan diupayakan dapat dicapai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berbagai upaya peningkatan produksi dan produktivitas telah dilakukan, salah satunya melalui Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu         (SL-PTT) yang telah terbukti mendorong peningkatan produksi padi. Tahun 2014 ini, program SL-PTT padi di Kalimantan Barat berjumlah 158.000 Ha (3.620 unit) yang tersebar  di 12 kabupaten. Untuk mendukung SL-PTT di Kalimantan Barat dan agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai, maka BPTP Kalimantan Barat yang merupakan perpanjangan tangan Badan Litbang Pertanian di daerah merasa perlu untuk melakukan kegiatan pendampingan program SL-PTT yang telah ditetapkan.

LAST_UPDATED2
(Selengkapnya)
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com