Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

UPSUS Kalbar
Banner Kanan Pupuk
Baner kanan katam

Kalender Kegiatan

perontok.jpg

Mitra Kerja

Info Teknologi Spesifik Lokasi

SDM Profesional

Peneliti Pertama
Dwi Purnamawati Widiastuti lahir di Pontianak, 23 Oktober 1972. Menyelesaikan pendidikan S1 Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta pada tahun 1997. Memperdalam ilmu tanah pada jenjang S2 Soil Science di Colorado State University, Ford Collins Colorado, USA yang dibiayai oleh Ford Foundation International Fellowship Program.
Rapat Koordinasi Kegiatan Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung dan Kedelai Kab. Mempawah Bulan September 2017
Info Aktual
Kamis, 28 September 2017 02:30

Pada tanggal 12 September 2017 bertempat di aula pertemuan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah telah diadakan pertemuan dalam rangka Rapat Rekonsoliasi Kegiatan Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung, dan Kedelai Kabupaten Mempawah. Rapat tersebut diinisiasi oleh BPTP Kalimantan Barat selaku penanggung jawab kegiatan (LO) UPSUS Kabupaten Mempawah. Rapat tersebut diselenggarakan mengingat masih kecilnya angka LTT Kabupaten Mempawah dimana sampai tanggal 12 September belum ada laporan yang masuk melalui sms center LTT.

Rapat yang dihadiri oleh seluruh mantra tani dan penyuluh Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah ini dimulai jam 09.30 wib yang dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah dan diteruskan dengan materi yang disampaikan oleh Kepala BPTP Kalimantan Barat Dr. Akhmad Musyafak, SP, MP yang menyampaikan materi tentang perbandingan angka LTT tahun 2016 dan LTT tahun 2017 dari bulan April sampai dengan bulan September. Selain itu beliau juga menyampaikan tentang SIMOTANDI ( Sistem Monitoring Pertanian Padi) Kementerian pertanian yang dapat diakses melalui website sig.petanian.go.id.

Rapat kemudian dilanjutkan dengan workshop pencapaian LTT per kecamatan di wilayah Kabupaten Mempawah. Workshop tersebut dipandu langsung oleh Ir. Jiyanto, MM dari BPTP Kalimantan Barat. Dari workshop tersebut dihasilkan nilai capaian angka LTT per Kecamatan sampai dengan 12 September 2017 sebagai berikut :

Dari table tersebut diketahui bahwa sasaran angka LTT Kabupaten Mempawah pada bulan September 2017 sebesar 4.669 ha masih terealisasi sebesar 1.312 ha yang artinya masih kurang sebanyak 3.357 ha. Dari workshop tersebut juga dapat diketahui minimnya angka LTT dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : curah hujan yang tinggi dimana sawah masih tergenang air sehingga petani belum bisa menyemai benih, beberapa kecamatan masih menyelesaikan panen, dan ketersediaan benih dilapangan yang belum mencukupi.

LAST_UPDATED2
 
PANEN PERDANA VARIETAS JAGUNG LAMURU MENDUKUNG LUMBUNG PANGAN BERORIENTASI EKSPOR DI KABUPATEN SANGGAU
Info Aktual
Jumat, 08 September 2017 01:46

Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura, Pertanian dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau bekerjasama dengan Balitbangtan – BPTP Kalimantan Barat melaksanakan panen perdana jagung varietas Lamuru tanggal 30 Agustus 2017 di desa Kenaman Kecamatan Sekayam mendukung Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor (LPBE) di Kabupaten Sanggau. Panen perdana dihadiri oleh Kepala Pusat Penyuluhan  Pertanian, BPPSDMP,   Kepala Dishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, Kabid Tanaman Pangan Distan Prov. Kalbar, BPTP Kalimantan Barat, Dandim Kabupaten Sanggau, BPS Kab. Sanggau, Kepala SMA Negeri 2 Sekayam, Camat Sekayam, Kepala BP3K Sekayam, Kembayan dan Entikong,

(Selengkapnya)
 
PANEN BENIH JAGUNG PADA LAHAN BUKAAN BARU DI DAERAH PERBATASAN KALIMANTAN BARAT
Info Aktual
Kamis, 31 Agustus 2017 06:17

Pada tgl 30 Agustus 2017 telah dilaksanakan "PANEN BENIH" yang dihadiri oleh Kepala Pusat Penyuluhan Kementerian Pertanian, Kadistan Prov. Kalbar, Kadistan Sanggau, BPTP Kalbar, Dandim Sanggau, PT. Pertani, BPS Sanggau, Camat Sekayam, dll. Kegiatan Panen tersebut dilaksanakan di lokasi Denfarm Budidaya Jagung pada lahan bukaan baru seluas 4 ha di Desa Kenaman, Kec. Sekayam, Kab. Sanggau. Varietas yang digunakan di demfarm ini yaitu Varietas Lamuru (label kuning/Kelas BS) produk dari Badan Litbang Pertanian. Spesifikasi teknis yang digunakan yaitu Jarak tanam 75 x 20 cm; isi 1 biji/lubang tanam; olah tanah sempurna; dosis pupuk: kotoran ayam 3,75 ton/ha, NPK 250 kg/ha, Urea 200 kg/ha, dan SP-36 100 kg/ha.

LAST_UPDATED2
(Selengkapnya)
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com